Selasa, 20 Desember 2022

Target Guru Matematika

 Assalamu'alaikum, 

dear, diary.

Waktu awal semester, saya sempat bertanya kepada para siswa, siapa yang suka dan tidak suka matematika. Saya pun tidak kaget saat mendapati sebagian besar siswa tidak suka matematika. 

Alasan para siswa tidak suka matematika karena mereka menganggap matematika itu susah. Fakta ini tidak semerta-merta membuat saya berambisi untuk mengubah mereka jadi menyukai matematika, tidak. Fakta ini juga tidak membuat saya jadi malas untuk mengajarkan mereka matematika, tidak.

Saya memaklumi banyak siswa yang tidak suka dengan matematika. Tidak masalah. Karena setiap anak itu unik, setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing. Dan mungkin logika matematika bukanlah kecerdasan dominan mereka.   

Target saya mengajar matematika kepada para siswa tersebut (terutama yang tidak suka dengan matematika), bukanlah mengubah mereka menjadi suka matematika, mengubah mereka jadi mahir matematika, tidak. Target saya cukup mereka memahami kemampuan dasar dari materi yang saya ajarkan, serta menjalankan tugas seorang guru yang disebutkan pada undang-undang yakni menstimulasi karakter positif mereka. 

Ya, membentuk karakter positif anak bukan tugas guru mata pelajaran PPKN atau aqidah akhlah saja. Semua guru bertugas untuk melakukan hal itu, termasuk saya selaku guru matematika. 

Nah, adapun cara saya membentuk karakter positif anak yakni melalui pembelajaran matematika. Entahlah saya yakin, belajar matematika bisa membentuk karakter positif anak seperti teliti, dispilin, tanggung jawab, semangat, dan pantang menyerah. 

Untuk mewujudkan target tersebut, saya pun sudah merangkai ide salah satunya aneka game yang akan saya gunakan dalam pembelajaran matematika. Saya harap, ikhtiar ini bisa membuahkan hasil yang manis bagi para siswa tersebut. Do'akan saya berhasil yak. Terima kasih banyak.

Dah, sekian dulu yak curhat kali ini.

InsyaAllah, bertemu di lain waktu. 

See yaaa

Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Livable City Sinar Mas Land Permudah Jalan Menuju Indonesia Emas

sc. indonesiabaik Harapan saya sebagai seorang guru honorer di usia kemerdekaan RI yang ke-78 ini adalah semakin banyak livable city alias k...