Jumat, 20 Oktober 2023

Livable City Sinar Mas Land Permudah Jalan Menuju Indonesia Emas

sc. indonesiabaik


Harapan saya sebagai seorang guru honorer di usia kemerdekaan RI yang ke-78 ini adalah semakin banyak livable city alias kota layak huni di negeri ini. Karena dengan begini maka peluang untuk mewujudkan fungsi pendidikan nasional semakin terbuka lebar. Hal ini akan berdampak pada jalan menuju Indonesia emas. Mengapa demikian?



Sebagaimana tercantum dalam pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 yang berbunyi: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Berdasarkan definisi tersebut, terlihat jelas bahwa tidak hanya kepandaian, keterampilan yang diharapkan ada di dalam diri para generasi penerus bangsa, melainkan juga diharapkan memiliki karakter positif serta sehat jasmani dan rohani.

Fungsi pendidikan nasional yang begitu mulia tersebut dapat terwujud dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menghadirkan sebuah tempat hidup yang menghadirkan rasa aman, nyaman, memberikan kemudahan bagi generasi penerus bangsa untuk belajar, serta kemudahan untuk meraih sehat lahir dan juga batin. Nah, poin-poin tersebut dapat kita temukan pada kota layak huni atau livable city. Kota layak huni atau livable city itu sendiri merupakan gambaran sebuah lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktifitas yang dilihat dari berbagai variabel baik fisik maupun non-fisik (Wheeler, 2004)

Kota-kota di Kanada sudah menerapkan livable city. Bahkan 3 wilayah di Kanada masuk dalam 10 livable city terbaik di dunia. Banyaknya livable city di Kanada secara tidak langsung dapat mengantarkannya menjadi negara dengan penduduk paling berpendidikan di dunia pada tahun 2022. Demikian juga dengan Jepang. Hal ini juga menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat Jepang meraih peringkat kedua sebagai negara paling berpendidikan di dunia.

Biaya bukanlah satu-satunya faktor yang membuat seseorang menjadi berpendidikan atau tidak. Dukungan dari lingkungan terdekat hingga lingkungan sekitarlah yang membuat seseorang mau bahkan bersemangat menempuh pendidikan. Nah dukungan seperti itu bisa juga kita temukan di kota layak huni yang sudah didesain sedemikian rupa untuk memberikan rasa nyaman, dukungan bagi yang tengah belajar atau menuntut ilmu berupa menyediakan pusat pendidikan, pusat kesehatan, pusat hiburan, area kerja atau perkantoran, pusat kegiatan masyarakat, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan Livable City di Indonesia? Alhamdulillah, ada Sinar Mas Land. Yup, Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city di negeri ini dengan menerapkan konsep pembangunan 4 pilarnya yang terdiri dari Live, learn, work, dan play. Dalam website Sinarmas Land disebutkan mengenai maksud dari 4 pilar pembangunan.

 

  • Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.
  • Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional. 
  • Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industri, serta area komersial.
  • Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.

 

“BAGAIMANA PENERAPAN KONSEP PEMBANGUNAN LIVABLE CITY DI INDONESIA?”

 

BSD City adalah salah satu Livable City di negeri ini. Saat kita ke BSD City maka kita akan dengan mudah menjumpai hunian, sekolah formal maupun informal, universitas, rumah sakit, kantor, mall, taman, tempat ibadah, dan sebagainya. Jadi semua yang dibutuhkan sudah tersedia di BSD City.


topbusiness.id


Saya jadi membayang betapa banyak kemudahan yang didapatkan jika tinggal di BSD City. Tak perlu pergi jauh jika ingin menghilangkan penat yang setipis tisu, cukup pergi ke area taman yang tersedia di sana, atau ke pusat hiburan. Lalu jarak antara sekolah anak dan tempat kerja pun jadi tak sejauh tanggal muda ke tanggal tua, dan sebagainya.  Kemudahan-kemudahan tersebut akan mengantarkan orang-orang yang bertempat tinggal di sana mendapatkan hal yang paling berharga yakni waktu, waktu bersama orang-orang terkasih dan tercinta. Orang tua jadi lebih banyak waktu bersama anak-anak yang bisa dimanfaatkan untuk membangun bonding dengan anak, atau bisa melakukan me time, update skill, dan sebagainya. Hal seperti akan membuat  anak-anak  tumbuh dan berkembang dengan baik.

Fyi, BSD city ini adalah salah satu livable city karya Sinar Mas Land, lho. Keren ya? Konsep pembangunan 4 pilar pun bisa dengan mudah kita temukan di sini.




Harapan saya, semoga Sinar Mas Land bisa menghadirkan livable city di kota-kota lainnya. Dengan begitu, maka makin banyak masyarakat negeri ini yang bisa menjalani hidup dengan layak, mendapatkan semua haknya tak terkecuali hak mendapatkan pendidikan yang baik, mulai dari pendidikan di keluarga, sekolah, hingga lingkungan tempat tinggal. Dengan memiliki SDM yang berpendidikan maka jalan menuju Indonesia emas semakin mudah.

 

 ***

Referensi

https://www.sinarmasland.com/development/township/bsd-city

https://globalnews.ca/news/9787103/canada-most-liveable-cities-top-10-2023/

 

https://data.goodstats.id/statistic/yukilase/kanada-puncaki-jajaran-negara-paling-berpendidikan-tahun-2022-WgigC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Livable City Sinar Mas Land Permudah Jalan Menuju Indonesia Emas

sc. indonesiabaik Harapan saya sebagai seorang guru honorer di usia kemerdekaan RI yang ke-78 ini adalah semakin banyak livable city alias k...