Senin, 18 April 2022

Berapa Honor Guru Sekolah Swasta Sebulan?

Assalamu'alaikum

Dear, Teman. 

Jadi guru honorer itu ternyata tidak mudah ya? apalagi jika tidak menganut paham ikhlas beramal. Pasti bakal baper seharian saat pertama kali tahu nominal gaji yang diterima setelah berpayah-payah mengajar para siswa. 

Awalnya saya sempat merasa seperti itu. Bukan tanpa alasan. Saya baper karena waktu itu memang tengah butuh uang dan saya mengharapkan gaji yang layak. Kalaupun tidak bisa mendapatkan gaji layak, ya minimal gaji sebagai guru honorer cukuplah untuk beli susu formula dan pospak anak. 

Sayangnya, saya harus gigit jari begitu saya membuka amplop gaji pertama kali. Ngajar 10 jam ditambah membimbing extra karya tulis ilmiah, cuma digaji 200 ribu rupiah sebulan. 

Kaget? Pasti. Nggak nyangka kalau bakal dapat gaji segitu. 

Aku sempat mengutarakan uneg-uneg soal gaji ke kepala sekolah. Kepsek pun meminta untuk memaklumi hal tersebut karena sekolah baru berdiri sehingga belum dapat dana bos yang dapat digunakan untuk menggaji guru. Sekolah sendiri tidak menarik biaya ke para siswa atau bisa dibilang sekolah gratis tis tis. Jadi untuk sementara ini, gaji yang didapatkan cuma dari yayasan. 

Kepsek juga bilang kalau sudah mengupayakan gaji yang minimal 500 ribu perguru, namun ditolak oleh pemilik yayasan dengan alasan yayasan tidak mampu untuk memberi gaji segitu. 

Gara-gara itu saya sempat berpikir untuk berhenti. Namun urung saya lakukan sebab nggak tega mau ninggalin beberapa siswa yang nampak begitu antusias saat mengikuti pelajaran saya. 

Ya, saya memutuskan tidak jadi berhenti, untuk saat ini. Meskipun cuma mendapatkan Gaji 200 ribu sebulan. 

Jadi seperti itulah fakta tentang gaji seorang guru sekolah swasta dalam sebulan di sekolah tempatku mengajar. 

Setiap sekolah memiliki kebijakan dan keputusan masing-masing. Fakta yang terjadi di saya, belum tentu berlaku di sekolah lainnya. 

Sekian curahatan hati saya. Next, insyallah kita berjumpa lagi di cerita lainnya. 

See ya

Wassalamu'alaikum 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Livable City Sinar Mas Land Permudah Jalan Menuju Indonesia Emas

sc. indonesiabaik Harapan saya sebagai seorang guru honorer di usia kemerdekaan RI yang ke-78 ini adalah semakin banyak livable city alias k...